Legislator Kotim Soroti Pembangunan Infrastruktur Pendidikan

Sel, 11 April 2023

Sampit- Anggota Komisi III DPRD Kotawaringin Timur, SP. Lumban Gaol, menyoroti pentingnya pembangunan infrastruktur pendidikan di wilayah tersebut. Lantaran masih banyak anak-anak yang ingin bersekolah, namun ketersediaan ruang belajar di sekolah sudah overkapasitas.

Salah satu contoh yang menjadi perhatiannya adalah SDN 7 Ketapang, yang hanya memiliki 7 kelas untuk 12 rombongan belajar, kondisi itu menunjukkan bahwa perlu dibangun lebih banyak SD di wilayah tersebut agar masalah over kapasitas dapat teratasi dan kegiatan belajar mengajar dapat berjalan lancar.

“Masih banyak anak-anak yang mau sekolah, namun ketersediaan ruang belajar di sekolah-sekolah yang sudah overkapasitas,” ujarnya Sabtu, (11/4/2023).

Kemudian lanjut Lumban Gaol, masalah zonasi dalam penerimaan siswa baru juga menjadi persoalan lainnya, sebab banyak siswa kesulitan diterima di sekolah karena jarak yang jauh.

Ia menekankan kepada pemerintah daerah setempat bahwa sangat mendesak untuk membangun sekolah baru guna menampung anak-anak yang jarak tempat tinggalnya sangat jauh. Program wajib belajar 9 tahun merupakan tanggung jawab Pemerintah, sehingga menyediakan fasilitas pendidikan yang memadai menjadi sebuah kewajiban.

Dalam konteks ini, pemerintah daerah perlu memperhatikan pembangunan infrastruktur pendidikan dengan serius. Hal ini karena fasilitas pendidikan yang memadai sangat penting dalam meningkatkan mutu pendidikan di wilayah tersebut. Kurangnya fasilitas pendukung seperti ruang kelas yang memadai, laboratorium, perpustakaan, dan sarana olahraga menyebabkan murid-murid sulit untuk berkembang secara optimal.

Oleh karena itu, Pemerintah Kotawaringin Timur harus memperluas jumlah sekolah yang memadai, meningkatkan fasilitas pendukung, dan memperbaiki akses transportasi ke sekolah. Dengan demikian, mutu pendidikan di wilayah ini dapat ditingkatkan sehingga dapat menunjang pembangunan daerah secara keseluruhan. Pendidikan yang berkualitas dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia, yang merupakan kunci utama dalam memajukan wilayah.(Fit).

iklan

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *