Legislator Kotim Sebut Tiga Sektor Penting Yang Perlu Diperhatikan Pemda

Sen, 3 April 2023 | 285 Views

Sampit- Ketua Komisi II DPRD Kotim, Juliansyah mengatakan bahwa ada tiga sektor yang sangat penting untuk diperhatikan oleh Pemerintah Daerah Kotim. Ketiga sektor tersebut adalah sektor pertanian, khususnya tanaman sayuran, perikanan, dan peternakan.

Juliansyah menilai bahwa dua sektor tersebut memiliki potensi besar hingga bisa diekspor. Pengelolaannya pun dikatakan tidak terlalu rumit dan diminati oleh masyarakat Kotim. diantaranya sektor pertanian merupakan sektor yang banyak diminati oleh masyarakat Kotim.

Ia menyebutkan bahwa jika pemerintah serius dalam mendorong sektor ini, maka potensi eksportasi sangat besar. Selain itu, sektor perikanan dan peternakan juga memiliki potensi besar jika digalakkan lebih pesat di kalangan masyarakat. Kedua sektor ini memiliki nilai jual yang tinggi dan tidak memakan banyak biaya pemeliharaan sampai masa panen.

“Pemerintah harus serius untuk membangun fasilitasnya sehingga ketiga sektor itu dari sektor pertanian, perikanan dan peternakan dapat dimaksimalkan bidang usaha ini, sehingga kita dapat mengirim ke daerah lain atau bahkan sampai ekport ke luar negeri,” tegasnya, (3/4/2023).

Menurut Juliansyah, ikan air tawar di Kotim memiliki nilai jual yang mahal dan hanya perlu disterilisasi di lokasi perkembangbiakannya saja agar dapat dikembangkan dengan baik. Sementara itu, sektor peternakan juga memiliki potensi yang sangat besar.

Juliansyah meminta pemerintah daerah membangun fasilitas yang baik sehingga ketiga sektor ini dapat dimaksimalkan sebagai bidang usaha yang dapat mengirim ke daerah lain atau bahkan ekspor ke luar negeri.

Legislator Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) ini juga meminta agar pemerintah daerah melalui instansi terkait menjadi pelopor dalam ketiga bidang atau sektor tersebut. Hal ini akan memberikan perhatian khusus kepada masyarakat dan menjadikan potensi itu sebagai mata pencaharian utama dalam jangka panjang.

Ia menekankan pentingnya komitmen instansi terkait dalam program kerja mereka dan tidak mudah bergeser ke bidang lain sebelum dua atau tiga item selesai dituntaskan.(Fit).

iklan

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *