banner-iklan
banner-iklan
banner-iklan
banner-iklan

Ketua Komisi IV DPRD Kotim Minta PBS Lakukan Perawatan Rutin Jalan Aset Daer

Sel, 8 Maret 2022 | 241 Views

Sampit – Ketua Komisi IV DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) M.Kurniawan Anwar mendesak agar pihak investor ataupun Perusahaan Besar Swasta (PBS) yang beroperasi dan menggunakan jalan aset daerah setempat untuk rutin melakukan perawatan.

“Terus terang Kami melihat banyak sekali perusahaan yang mengangkut hasil kebun menggunakan jalan aset pemda. Salah satunya perusahaan besar swasta Kelapa Sawit terutama untuk mengangkut CPO di wilayah di tanah mas Kecamataan Baamang hingga saat ini. Kita perhatikan, sehari saja puluhan hingga ratusan truk yang hilir mudik,”ungkapnya Senin (07/03/2022).

Disisi lain legislator PAN ini juga menjelaskan posisi musim hujan saat ini, dinilai akan berdampak rusaknya jalan yang di lalui oleh setiap kendaraan angkutan berat akibat aktivitas maupun mobilitas yang tinggi oleh perusahaan dimaksud.

“Sebenarnya untuk kapasitas seperti ini, perusahaan tersebut sudah harus punya akses sendiri yang tidak mengganggu warga sekitar. Sebab dampak lalu lintasnya juga harus di perhatikan. UU no 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, sudah mengatur dari kelayakan jalan, klas jalan, hingga analisa dampak lalu lintas,” timpalnya.

Disisi lain ditegaskannua, saat ini sudah ada RDTR diwilayah BAGENDANG sejak juni tahun 2021 lalu. Dimana tujuannya adalah agar membuat area yang seragam baik dari segi fungsi maupun manfaatnya.

“Sehingga jangan sampai ada perusahaan di wilayah padat penduduk atau di luar RDTR BAGENDANG yang sudah diatur dari Rancangan Detail Tata Ruang ini masih melakukan aktivitas yang bersifat melanggar aturan itu sendiri,” tutupnya. (Rmo)

iklan

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *