Ketua DPRD Minta Sirkulasi Sewa Pakai Alsintan Diperhatikan Untuk Memasuki Musim Tanam

Sel, 15 November 2022 | 261 Views

Kuala Pembuang – Ketua DPRD Seruyan Zuli Eko Prasetyo

meminta kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Seruyan agar mengatur sirkulasi sistem sewa pakai alat mesin pertanian (alsintan) di instansi tersebut dengan sebaik mungkin. 

Mengingat saat ini sudah memasuki musim tanam, tentu keberadaan alsintan sangat berperan penting untuk membantu masyarakat petani dalam mengolah lahan.

“Ini yang juga disampaikan oleh para petani kepada kita. Karena saat musim tanam seperti ini, alsintan sangat diperlukan. Sehingga, sirkulasinya harus diatur sebaik mungkin agar masyarakat petani bisa memanfaatkan alsintan itu secara merata,” katanya, Selasa (15/11/2022).

Dijelaskannya, yang dirinya maksudkan adalah berkenaan dengan jangka waktu penyewaan alsintan.

“Karena saya yakin Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) juga tahu. Misalnya membajak satu hektare lahan itu perlu waktu berapa hari,” ujarnya.

Ia meminta kepada masyarakat petani agar meminjam atau menyewa alsintan tersebut secukupnya. Dan apabila sudah selesai pekerjaan, hendaknya segera dikembalikan kepada DKPP.

“Jangan sampai ibarat kata mereka menyewa lalu disewakan lagi. Kalau sudah selesai segera kembalikan, supaya yang lain juga kebagian. Agar semua petani yang mempunyai lahan pertanian bisa menyelesaikan lahannya,” kata Eko.(Sdi)

iklan

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *