banner-iklan
banner-iklan
banner-iklan
banner-iklan

Ketua DPRD Kotim Ingatkan Desa, Kelurahan dan Kecamatan Waspada Karhutla

Rab, 13 April 2022 | 300 Views

Foto - Ketua DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Dra. Rinie Anderson.(Fit).

Sampit – Ketua DPRD Kotawaringin Timur (Kotim), Dra. Rinie Anderson meminta kepada seluruh jajaran perangkat desa, kelurahan hingga kecamatan jika terjadi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) agar mengamankan wilayah mereka.

Pemerintah dari semua tingkatankan dan warganya diharapkan mampu mengamankan wilayahnya masing-masing.

“Pihak desa, kelurahan dan kecamatan mesti bertanggungjawab penuh, dengan persoalan Karhutla di daerah administrasi pemerintahannya,” kata Rinie di Sampit, Rabu (13/4).

Menurutnya tidak bisa diserahkan begitu saja kepada tim karena bagaimanapun pihak desa maupun kelurahan itu sendiri yang kena imbas dan akibatnya.

Dikatakannya jika masih ada yang masih tidak berbuat, untuk terlibat dalam memadamkan api di wilayah maka harus ada sanksi dari pemerintah daerah. 

Sebab sudah jelas Presiden RI memberikan instruksi, pencegahan maksimal itu harus dilakukan semua pihak di bawah koordinasi TNI dan Polri.

“Sehingga tidak ada alasan untuk tidak ikut terlibat dalam andil pencegahan hingga pemadaman api yang terjadi.  TNI dan Polri saja kalau tidak bisa mengatasi api di wilayahnya kena sanksi,” tegasnya.

Dia mengungkapkan, prediksi kemarau tahun ini harus jadi acuan. Jangan sampai kondisi terus mengering, sehingga masyarakat juga kesulitan mendapatkan air bersih.(Fit).

iklan

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *