Jadwal Pelaksanaan Pembangunan APBD 2023 Harus Tepat Waktu

Jum, 16 September 2022 | 236 Views

Sampit,- Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Kotyawaringin Timur (Kotim) Rudianur, menegaskan waktu pelaksanaan pembangunan untuk kegiatan fisik APBD Kotim Tahun 2023 mendatang harus tepat waktu jangan ada lagi pelaksanaan pembangunan yang ditumpuk di akhir tahun.

 

“Paling tidak februari 2023 sudah masuk dalam tahapan pelelangan untuk pekerjaan fisik untuk, setelah dilakukan evaluasi oleh Gubernur nantinya diharapkan semua SOPD dapat proaktif melakukan lelang dini, agar semua kegiatan di awal bulan Februari sudah bisa jalan dan dilaksanakan,” kata Rudianur, 16 September 2022.

 

Rudianur mencermati pelaksanaan paket kegiatan fisik kebanyakan dilakukan di akhir tahun 2022 membuat pihak kontraktor pelaksaba kegiatan mengeluh, disatu sisi mereka memiliki waktu yang sedikit ditambah lagi dengan kondisi cuaca yang sudah masuk musim penghujan.

 

‘Disatu sisi kita melihat cuaca ini diaklhir tahun selalu musim penghujan. Akibatnya rekanan mengejar pekerjaan itu dimusim hujan dan ini berdampak kepada kualitas kegiatan itu sendiri. Makanya rekomendasi kami tahun depan jangan lagi dibiasakan melaksanakan kegiatan diakhir tahun anggaran,”kata dia.

 

Menurutnya, jika pekerjaan itu sudah direncanakan dan dituangkan di perda APBD Kotim hingga evaluasi Gubernur Kalteng sudah dipastikan itu terlaksana. Selama ini kegiatan tersebut kerap tidak dilaksanakan di semester I, alhasil dalam rapat anggaran serapannya dilaporkan minim di semester pertama.

 

”Masalahnya tidak dilaksanakan di semester I juga tidak jelas, makanya tahun 2023 harus dilaksanakan dan dimaksimalkan awal tahun anggaran, kalau ada persoalan harusnya diselesaikan sesegera mungkin, jangan menunda-nunda waktu pelaksanaan,’katanya.

 

Dia mencontohkan seperti tahun ini saja seaidanya kegiatan dilaksanakan diawal tahun maka tidak terimbas harga kenaikan BBM. Cuma karena ditunda akibatnya terdampak harga BBM.

 

“Makanya itu harga paketnya waktu BBM belum naik, coba dilaksanakan lebih awal tidak ada lagi masalah mau addendum biaya segala macam,”Demikian Rudianur.(Fit).

 

 

iklan

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *