DPRD Kotim Ajak Masyarakat Kurangi Gunakan Kantongan Plastik

Rab, 9 November 2022 | 278 Views

Sampit- Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Juliansyah mengajak masyarakat dalam kesehariannya agar bisa mengurangi penggunaan kantong plastik.

 

“Karena sampah kantong plastik merupakan suatu objek yang sangat sulit terurai meski sampah tersebut sudah terkubur di dalam tanah dan bisa mengganggu ekosistem lingkungan,” katanya.

 

Ditambahnya mengurangi penggunaan kantong plastik setiap harinya, tentu juga sebagai upaya menjaga dan melestarikan lingkungan. Masyarakat bisa memilih opsi lain selain memanfaatkan kantong plastik, misalnya kantong yang ramah lingkungan dari bahan lainnya.

 

“Penerapan ini bisa dilakukan saat berbelanja di swalayan, pasar tradisional maupun pasar modern dengan membawa dari rumah.Menjaga lingkungan bukan hanya tanggung jawab pemerintah daerah, namun juga menjadi tanggung jawab bersama, yakni seluruh lapisan masyarakat.”ujarnya 

 

Dalam hal ini mestinya dinas lingkungan hidup kotim hendaknya diterapkan dengan meminimalisir penggunaan minuman kemasan plastik sekali pakai.

 

“Misalnya mencegah pembelian minuman kemasan plastik sekali pakai, saat ‘take away’ atau bawa pulang minuman di kafe, masyarakat bisa memakai wadah minuman sendiri.kemudian dipasar pasar juga kantongan juga harus dikurangi.”demikian Juliansyah(fit)

iklan

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *