banner-iklan
banner-iklan
banner-iklan
banner-iklan

DLH Kotim Diminta Belajar Kelola Sampah Bernilai Ekonomis

Jum, 4 Maret 2022 | 371 Views

Foto - Wakil Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Hj. Darmawati.(Fit).

Sampit – Wakil Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Hj. Darmawati mengingatkan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat untuk belajar dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dalam mengelola sampah menjadi bernilai ekonomis.

“Selama ini, pemerintah daerah belum punya solusi atau inovasi baik itu untuk mengelola hingga memanfaatkan sampah,” katanya di Sampit, Jumat (4/3).

Dia mengatakan mulai dari masih lemahnya kesadaran masyarakat membuang sampah pada depo yang sudah disiapkan, lambatnya sampah diangkut, hingga sampah yang kerap  meluber sampai kepada minimnya pemanfaatan sampah yang bernilai ekonomis.

Sampah, kata dia, tidak semua hanya jadi barang yang tidak bermanfaat, namun juga ada yang memiliki nilai ekonomis namun sayang itu tidak pernah bisa dikelola oleh pemerintah untuk menghasilkan rupiah.

“Oleh sebab itu kami sarankan kepada pemerintah melalui dinas lingkungan hidup supaya bisa belajar dengan pemerintah provinsi bagaimana cara mengelola sampah itu bisa bernilai ekonomi,” kata Darmawati.

Sampah yang bernilai ekonomi itu, lanjutnya, tidak harus di buang, bisa dilakukan misalnnya DLH bisa membeli atau menampung sampah tersebut supaya masyarakat tidak membuang sembarangan.

Sebelumnya, kata dia, pernah ada pengelolaan bank sampah, namun sayang itu tidak lama berjalan karena minimnya dukungan dan pembinaan dari pemerintah.

“Pemerintah harus kelola bank sampah, agar ada yang memanfaatkannya, jika dikelola dengan baik dan benar saya yakin sampah akan jadi barang berharga,” Demikian Darmawati.(Fit).

iklan

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *