banner-iklan
banner-iklan
banner-iklan
banner-iklan

Anggota DPRD Kotim Minta Setiap Kades Harus Bisa Kelola BUMDes

Kam, 24 Februari 2022 | 396 Views

Foto - Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, M. Abadi.(Fit).

Sampit – Anggota DPRD Kotawaringin Timur, M Abadi meminta agar desa memiliki badan usaha milik desa (BUMDes). Sehingga, desa tidak semata-mata mengharap DD atau ADD, akan tetapi juga memiliki pendapatan asli desa melalui BUMDes itu.

Abadi menyebut masih sedikit desa yang saat ini mengembangkan BUMDes untuk mendapatkan PAD.

Padahal, setiap desa itu punya potensi masing-masing dan pasti ada kegiatan yang bisa dikelola dengan memainkan BUMDes tersebut.

“Kades harus bisa mengelola BUMDes dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada di desa,” kata Abadi di Sampit, Kamis (24/2).

Seperti wilayah Utara, kata Abadi, banyak kegiatan investasi. Harusnya, BUMDes bisa bekerja sama dengan perusahaan setempat.

“Misalnya pengangkutan buah sawit atau CPO, BUMDes bisa meminta untuk mengelolanya, saya rasa perusahaan lebih senang jika BUMDes yang kelola,” ungkap Abadi yang pernah menjabat sebagai Kades ini.

Serta sektor lainnya menyesuaikan dari potensi desa itu sendiri. Karena sangat disayangkan jika dengan besaran keuangan desa saat ini pihak desa tidak mengembangkan BUMDes.

Seperti BUMDes simpan pinjam yang dilakukan Desa Luwuk Bunter, bisa sebagai contoh. Dan desa lain bisa belajar di situ.(Fit).

iklan

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *